http://forum.dotamdo.co.in/
Official Forum DotA Manado saat ini sudah dialihkan ke

http://forum.dotamdo.co.in/

Mohon Maaf atas ketidaknyamanan ini....

Terima Kasih

Best Regards
PeonGruntShaman

http://forum.dotamdo.co.in/

http://forum.dotamdo.co.in/
 
IndeksThe Front PageGalleryFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 Daftar Istilah Umum Komputer, Networking, Programming dan Hacking

Go down 
PengirimMessage
Guest
Tamu



PostSubyek: Daftar Istilah Umum Komputer, Networking, Programming dan Hacking   Thu Apr 14, 2011 1:17 pm

Dunia komputer memang luas dan mencakup hampir semua sisi kehidupan manusia. Pengembangan-pengembangan terus dilakukan untuk menjadikan pekerjaan manusia lebih mudah. Nah dalam perkembangannya, manusia harus belajar dan berbagi informasi tentang komputer, karena itulah dibuat berbagai istilah yang cukup membingungkan atau benar-benar membingungkan bagi orang yang belum pernah atau tidak pernah mengoperasikan komputer bahkan mengenal komputer. Namun, justru akan lebih membingungkan lagi jika tidak ada istilah yang terstandarisasi. Karena jika istilah-istilah dalam dunia komputer tidak terstandarisasi, maka orang akan menyebut peripheral komputer(e.g. harddisk, flashdisk) dengan istilah mereka sendiri.Karena itu penting bagi kita untuk mengenal dan mengetahui tentang istilah-istilah yang terstandarisasi untuk lebih mengenal tentang komputer yang semakin hari semakin memudahkan hidup kita. Oke, tanpa basa basi lagi, mari Saya mulai saja pengenalan-pengenalan istilah Komputer, Networking, Programming, dan Hacking yang umum di dunia maya.

Komputer









Cache
Cache merupakan mekanisme penyimpanan sementara suatu informasi yang baru dipakai agar jika kemudian akan dipakai tidak perlu mengambil informasi dari sumber namun dari cache karena pengambilan informasi dari sumber akan memakan waktu yang lebih lama.
Buffer
Buffer adalah bagian dari memori(RAM) yang secara sementara digunakan untuk menyimpan data yang sedang digunakan oleh komputer/CPU. Data yang disimpan dalam buffer ini biasanya data yang baru saja diinputkan user melalui keyboard atau yang akan dioutputkan program melalui monitor/printer.
Malware
Adalah suatu perangkat(ware) yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas jahat(mal). Jadi malware sendiri merupakan perangkat jahat yang disusupkan ke suatu komputer untuk berfungsi sesuai dengan apa yang ditulis pembuatnya. Fungsi malware bermacam-macam mulai dari hanya sekedar mengganggu pemilik komputer sampai menyusupkan data-data rahasia pemilik komputer ke komputer pembuat malware(biasanya orang jahat/malperson xD).
ASCII
ASCII(American Standar Code for Information Interchange) merupakan standar pengkodean karakter (e.g. karakter ke-65 adalah 'A', ke-66 adalah 'B', dst...) yang menjadi standar pengkodean karakter Internasional.
Programming

Interpreter
Interpreter adalah aplikasi atau perangkat yang berfungsi menerjemahkan instruksi atau kode program. Interpreter menerjemahkan kode program secara urut(in sequence).
Compiler
Compiler hampir sama dengan interpreter, namun semua modul/blok kode program disusun dan dihubungkan terlebih dahulu(linking) untuk kemudian dieksekusi.
Bug
Bug merupakan kegagalan suatu sistem untuk menyelesaikan suatu masalah yang disebabkan oleh kesalahan dari instruksi yang diberikan atau kesalahan pada saat pemrogramman. Debugging merupakan istilah untuk memperbaiki bug

Networking










Protocol
Protocol merupakan alat komunikasi yang dimiliki komputer untuk berkomunikasi dengan komputer lain. Karena itu, untuk dapat terjadi komunikasi yang 'nyambung' maka komputer-komputer tersebut harus memiliki protocol yang sama.
TCP/IP
Transmission Control Protocol/Internet Protocol merupakan sekumpulan protocol yang didesain untuk melakukan komunikasi antar-komputer pada jaringan. Protocol ini adalah standar protocol yang digunakan komputer untuk dapat saling berkomunikasi.
Bandwith
Bandwith adalah kecepatan maksimal yang dapat digunakan untuk melakukan transmisi(proses menerima dan mengirim) data antar-komputer dalam suatu jaringan atau internet.
Access Point
Access Point merupakan device yang berfungsi sebagai penghubung antar wireless client dalam suatu jaringan wireless. Fungsi alat ini mirip dengan HUB/Switch dalam jaringan kabel. Access point juga dapat dihubungkan ke jaringan kabel agar komputer pada jaringan wireless bisa mengakses komputer pada jaringan kabel yang terhubung ke access point.
DNS
DNS adalah server yang bertugas untuk menangani pemetaan alamat IP(Internet Protocol) dan Hostname serta email. Jadi pada saat kita melakukan koneksi ke suatu host/IP, maka server inilah yang akan 'mencarikan' host/IP tersebut.
Hacking








Account
Account merupakan 'tanda keanggotaan' pada fasilitas yang hanya mengizinkan anggotanya saja untuk menggunakannya. Account ini tersusun atas username dan password yang umumnya rahasia. Account ini merupakan sasaran utama serangan-serangan hacker.
Encryption
Encryption adalah proses penyandian dari readable-information(plain-text) menjadi unreadable-information(cipher-text). Misal kata 'manusia' diproses menjadi '93h40!r'. Kebalikan proses encryption adalah decryption yang mengubah cipher-text menjadi plain-text.
Sniffing
Sniffing merupakan aktifitas penyadapan informasi yang dikirim ke suatu komputer dalam suatu jaringan tanpa terjadi perubahan dari informasi tersebut. Aktifitas ini biasanya digunakan untuk mencari username dan password atau informasi penting lainnnya. Tools yang digunakan untuk aktifitas ini disebut Sniffer(Sniffer tidak bisa menyadap informasi yg dienkripsi). Hacker yang melakukan sniffing, harus mempunyai akses ke jaringan tersebut.
SQL Injection
SQL Injection(SQLi) adalah hacking dengan menginjeksikan perintah-perintah SQL melalui vulnerable user-input(seperti komentar, user logon form, dll...) untuk mengakses, mengubah, atau menghapus record database yang tersimpan di server SQL.
Demikian yang dapat saya tulis kali ini, memang jauh dari sempurna dan saya berharap semoga dapat membantu. Untuk istilah-istilah lain yang Anda butuhkan dapat Anda search sendiri melalui bantuan search engine (google.com is recomendded Smile). Akhir kata, tak ada gading yang tak retak, saya mengharap kritik dan saran dari Anda untuk membuat hasil tulisan saya dapat berkembang Smile
Kembali Ke Atas Go down
 
Daftar Istilah Umum Komputer, Networking, Programming dan Hacking
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
http://forum.dotamdo.co.in/ :: TECHNOLOGY :: Computer-
Navigasi: